5 Langkah Ciptakan Ruang Tamu Sehat

5 Langkah Ciptakan Ruang Tamu Sehat – Mendesain ruang tamu tidak hanya mempertimbangkan dari segi tampilan keindahannya saja akan tetapi untuk lebih baiknya pertimbangkan juga aspek kesehatan karena ini akan sangat berguna bagi penghuni rumah tersebut. Sebagian orang mungkin masih menyepelekan aspek kesehatan ruang, padahal pada dasarnya aspek ini merupakan tujuan umum dari desain interior itu sendiri tentang bagaimana memaksimalkan fungsi desain untuk aspek psikologi ruang.

5 Langkah Ciptakan Ruang Tamu Sehat

Menata ruang tamu yang sehat dan menyegarkan memang sedikit lebih rumit, terlebih lagi bila penghuni rumah tidak mengetahui secara pasti tentang langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dalam rangka menciptakan ruang tamu sehat. Dengan terciptanya ruang tamu sehat dan menyegarkan membuat ruangan terasa nyaman dan siapapun akan betah berlama-lama berada didalam ruangan tersebut. Berikut ini kami berikan beberapa langkah ciptakan ruang tamu sehat.

5 Langkah Ciptakan Ruang Tamu Sehat

1. Menata Ruang Tamu

Bila Anda mempunyai ruang tamu dengan ukuran yang tidak terlalu besar maka mulailah menata dengan membatasi penggunaan furniture. Langkah tersebut dilakukan supaya ruang tamu Anda tampak lebih luas. Hal ini berlaku juga pada ruang tamu dengan ukuran yang lebih luas, jangan gunakan terlalu banyak perabot karena ini justru akan membuat ruang tamu terasa sumpek.

Gunakan perabot atau furniture yang sekiranya penting untuk Anda dan hilangkan benda-benda yang jarang digunakan. Alternatif lainnya Anda bisa menggunakan furniture multi fungsi seperti meja dengan tambahan laci atau rak penyimpanan dibawahnya. Dengan begitu dapat bermanfaat untuk mengurangi kepadatan penyimpanan di ruang tamu Anda.

2. Pencahayaan Ideal

Faktor pencahayaan dirasa cukup penting karena ini akan mempengaruhi terciptanya nuansa suasana didalam sebuah ruangan. Bila pencahayaan di rancang secara ideal maka akan menciptakan mood dan suasana hati yang positif.

Faktor pencahayaan sangat penting untuk menciptakan ruang tamu sehat, untuk itu pertimbangkan pencahayaan baik itu untuk malam hari maupun siang hari. Anda dapat merancang pencahayaan dengan membuat pecahayaan secara terfokus pada suatu area, ini akan lebih baik dari pada instalasi pencahayaan yang mencakup seluruh ruang. Instalasi pencahayaan secara terfokus memang memerlukan biaya lebih mahal, namun akan sepadan dengan hasil terciptanya suasana ruang yang indah dan menenangkan.

3. Pertimbangkan Area Sirkulasi

Dalam hal ini area sirkulasi merupakan space yang diberikan agar penghuni ruang dapat dengan leluasa bergerak dari satu titik area ke area lain. Ini juga berhubungan dengan yang telah dibahas sebelumnya mengenai pembatasan penggunaan furniture dan perabot. Dengan disediakannya jalur untuk berjalan maka penghuni ruang dapat dengan mudah bebas bergerak dan berlalulalang.

Coba bayangkan saja bila ada tamu berkunjung dan jalur untuk berjalan cukup sempit, maka bisa jadi kaki tamu akan terbentur kaki sofa atau meja saat beranjak dari tempat duduk. Itulah mengapa banyaknya furniture atau perabot tidak menjamin kenyamanan di suatu ruangan, melainkan fungsi dan efektifitasnya.

4. Pemilihan Warna

Selain pencahayaan, pemilihan warna juga cukup penting untuk menghadirkan suatu suasana di dapam ruangan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya gunakan warna yang senada baik dinding dan furniturnya. Apabila ingin memberikan warna yang berbeda, bisa menggunakan warna tersebut sebagai tampilan focal point pada salah satu bagian dinding atau furniture. Pemilihan warna yang tepat akan menghadirkan tampilan yang indah dan menenangkan.

5. Berikan Nuansa Natural

Sentuhan natural di dalam sebuah ruangan akan membuat nuansa yang nyaman dan menenangkan. Cara terbaik untuk menghadirkan suasana natural adalah dengan menambahkan beberapa pot tanaman didalam ruang tamu.

Ciptakan Ruang Tamu Sehat 1 Ciptakan Ruang Tamu Sehat 2 Ciptakan Ruang Tamu Sehat 3 Ciptakan Ruang Tamu Sehat 4 Ciptakan Ruang Tamu Sehat 5