4 Tips Desain Ruang Tamu Kecil

4 Tips Desain Ruang Tamu KecilPada umumnya ruang tamu tidak hanya berfungsi sebagai ruang untuk menerima tamu saja melainkan sekaligus sebagai ruangan untuk berkumpul dan bersantai menghabiskan waktu bersama seluruh anggota keluarga. Mengingat fungsinya yang penting sebagai tempat kebersamaan bersama keluarga tentu ruang tamu harus didesain dengan serius agar dapat menghasilkan sebuah ruangan yang indah dan nyaman. Dengan begitu siapapun yang berada pada ruangan tersebut baik penghuni rumah maupun tamu yang datang akan merasakan kenyamanan dan kesejukan setelah melakukan aktivitas sehari-hari diluar rumah.

4 Tips Desain Ruang Tamu Kecil

Ada banyak desain dan model ruang yang dapat kita terapkan pada ruang tamu kesayangan kita untuk menciptakan ruang tamu yang menawan. Akan tetapi jangan asal menerapkan suatu model desain pada sebuah ruang tamu. Kita masih tetap harus menyesuaikan konsep rumah maupun luas ruangan agar tercipta ruangan yang ideal. Sebagai contohnya Anda bisa menggunakan konsep minimalis yang menjadi favorit banyak orang belakang ini. Dengan konsep ini akan menghasilkan sebuah tampilan ruang yang sederhana, rapi, bersih dan modern.

Nah bagi Anda yang memiliki rumah minimalis dengan ukuran tidak terlalu besar, berikut ini kami berikan beberapa tips desain ruang tamu kecil yang dapat Anda pertimbangkan untuk mendesain ruang tamu Anda.

4 Tips Desain Ruang Tamu Kecil

1. Hilangkan Pembatas Ruang / Sekat
Rumah dengan luas tidak terlalu besar umumnya dibangun dengan type 36 atau 45. Karena lahannya terbatas sebaiknya jangan gunakan tembok sebagai pembatas ruang antara ruang tamu dengan ruang tengah yang biasanya berfungsi sebagai ruang santai keluarga. Hal ini dilakukan supaya ruangan tidak terlihat sempit dan terhindar dari rasa penat. Alternativenya Anda bisa menggunakan tirai atau gordyn sebagai pengganti tembok pembatas. Atau bisa juga memasang sebuah kabinet atau lemari TV yang mudah dipindah. Dengan begitu sewaktu-waktu ada acara di rumah Anda dan membutuhkan space lebih, Anda tinggal menggeser tirai atau menggeser kabinet. Maka dengan sekejap space ruang tamu Anda akan bertambah karena menyatu dengan ruang tengah.

2. Batasi Furniture
Agar ruang tamu kecil tidak terlihat sempit, maka sebaiknya Anda perlu membatasi penggunaan furnitur di ruang tamu tersebut. Anda bisa menghilangkan furniture yang dirasa kurang fungsional. Cukup menggunakan sebuah kursi sofa minimalis untuk 2-3 orang tamu dengan satu meja kecil dan kursi untuk tuan rumah sudah membuat ruang tamu kecil Anda tampak apik. Alternative lainnya Anda bisa membuat ruang tamu dengan model lesehan seperti ruang tamu model jepang yang menggunakan karpet dan bantal duduk sebagai pengganti kursi.

3. Pemilihan Warna
Pemilihan warna cukup penting untuk tampilan di ruang tamu. Bila salah memilih warna akan memberikan efek negatif pada tampilan ruangan tersebut. Sebaiknya pilihlah warna-warna cerah karena warna ini akan memberikan kesan menyenangkan bagi siapapun yang melihatnya. Selain itu ruangan juga akan terlihat lebih luas.

4. Pastikan Cahaya Yang Cukup
Jangan anggap sepele faktor pencahayaan untuk ruang tamu kecil. Bilamana pencahayaan cukup akan membuat ruang tamu terkesan lega dan tidak sumpek. Pastikan cahaya lampu yang cukup untuk menerangi meja dan lantai. Tak ada salahnya bila Anda menambahkan sedikit sentuhan lampu hias agar tampilan ruang tamu kecil Anda terlihat lebih indah. Sedangkan ntuk siang hari Anda bisa memberikan sentuhan cahaya dari bukaan seperti jendela. Anda bisa juga menambahkan sebuah task lighting. Ini akan membantu Anda memberikan cahaya yang lebih sewaktu ruang tamu digunakan untuk kegiatan membaca pada siang hari karena cahaya dari bukaan jendela di siang hari kurang terfokus. Dengan begitu sewaktu membaca Anda cukup menghidupkan task lighting tanpa harus menghidupkan lampu utama.

Itulah tadi ulasan mengenai tips desain ruang tamu kecil yang dapat kami berikan untuk Anda. Semoga dengan adanya ulasan di atas dapat membantu Anda untuk mendesain ruang tamu kesayangan Anda.